Sunday, March 1, 2015

STRATEGI KAMPANYE (KOMUNIKASI POLITIK) SEORANG PENDIDIK, CULINARIAN, POLITIKUS, SRI WAHYU HARWATI, S.Pd

SRI WAHYU HARIWATI



PENDIDIK,  CULINARIAN, POLITIKUS.
SRI WAHYU HARIWATI , S.Pd
Dunia Politik sangatlah menarik bagi sebagian orang. Dunia Politik yang kerap dikaitkan dengan kemewahan dan kekuasaan membuat banyak orang tergiur untuk menjadikannya ladang untuk menuai rupiah. Namun ada pula yang menjadikan dunia politik sebagai ajang atau sarana untuk memperoleh kuasa lebih agar dapat memperbaiki dan menjadikan bangsa ini mejadi lebih baik dengan segala keputusan dan kebijakan yang dapat membantu masyarakat itu sendiri.

Demikian pulan yang diusung oleh calon legislatif dari partai Gerindra, Sri Wahyu Hariwati, S.Pd. Dengan profesi sebagai seorang pendidik di salah satu sekolah menengah kejuruan swasta di Kabupaten Sidoarjo, sekaligus pemilik rumah makan, catering dan wedding organizer,  ia memiliki keinginan untuk memperbaiki kebijikan di Kabupaten Sidoarjo. Dengan misi untuk meningkatkan kredibilitas dan eksitensi wanita di segala aspek serta meningkatkan kemampuan wanita untuk mandiri, maka ia ingin masuk ke dunia politik untuk merumuskan kebijakan pemerintah yang lebih berpihak pada wanita. Selain itu, di dunia pendidikan itu sendiri Sri Wahyu sendiri ingin meningkatkan taraf pendidikan anak di Kabupaten Sidoarjo itu sendiri. Dengan menambah beasiswa ataupun biaya operasional bagi siswa usia dasar (SD dan SMP) diharapkan dapat membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah untuk mendapatkan pendidikan dasar yang layak dan tanpa mengalami kesulitan itu sendiri.

Adapun strategi politik yang diterapkan oleh Sri Wahyu Hariwati adalah campuran dari berbagai macam model komunikasi. Komunikasi massa ia terapkan dengan ia memasang baliho, spanduk ataupun pamflet di jalan atau tempat umum, sehingga dapat dibaca banyak orang dan banyak dikenal olehmasyarakat luas. Komunikasi interpersonal atau tatap muka juga telah dilakukan dengan cara menemui para pemilik usaha kecil dan berkomunikasi serta memberikan kerja sama dengan mereka. Komunikasi organisasi, dengan cara mendekati sasaran dari organisasi-organisasi kewanitaan seperti PKK ataupun Posyandu, guna memberikan pengarahan dan mendekatkan diri dengan para ibu-ibu. Dengan berbagai macam komunikasi yang diterapkan diharapkan feedback feedback yang diterima dapat tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Ibu Sri Wahyu hariwati juga menjelaskan bahwa, strategi yang digunakan adalah juga dengan menggunakan startegi underground. Untuk jelasnya dari startegi tersebut, beliau tidak menjelaskan secara detail, karena itu merupakan rahasia strategi kampanye beliau. Namun pada dasarnya tujuan dari startegi tersebut adalah dengan kampanye secara diam-diam dan dengan cara lain yang tidak menggunakan publikasi, sehingga lawan politik menganngap bahwa kandidat tersebut tidak memiliki massa, namun sebenarnya sudah mempersiapkan massa dari langkah strategi kampenye underground tersebut. Disini Sri Wahyu menjelaskan dan menekankan bahwa, sama sekali kampanye yang dilakukannya tidak menggunakan  money politic, karena dari awal bahwa ia bertujuan bukan untuk mendapatkan keuntungan sehingga apa yang ia lakukan nantinya jika menjabat sebagai legislatif, bukan untuk mencari balik modal dari strategi kampanye yang telah dilakukan. Ia percaya bahwa, jika suatu hal didasari dari hal yang tulus dan bersih maka hasil yang akan dituai pun akan baik.

0 comments :

Post a Comment